Langit dan Biru

Langit dan Biru

Rabu, 22 Juli 2015

Ethernet Adapter Server

Ethernet Adapter Server


Informasi Dasar

Apakah Ethernet Adapter itu ? Adalah sebuah perangkat keras yang memberikan kemampuan sebuah device ataupun workstation dapat melakukan komunikasi melalui ethernet connection. Ethernet adapter dapat menjadi sebuah tambahan di dalam expansion motherboard ataupun sudah terpasang langsung di dalam motherboard itu sendiri ( bawaan motherboard )

Apa yang membedakan ethernet biasa dengan ethernet server adapter ?

Salah satu vendor ternama yang banyak memproduksi ethernet server adapter adalah Intel. Produk gigabit ethernet yang cukup mumpuni di kelasnya Intel Ethernet Server Adapter I350. Dalam perkembangan dunia IT yang kini sudah banyak mengarah kepada virtualisasi server dan juga Big Data, maka Intel membangun sebuah server adapter yang dilengkapi dengan berbagai fitur hebat di dalamnya. 

Namun sebelum perkembangan teknologi mengarah kepada virtualisasi server, ethernet server biasa hanya berfungsi untuk mengantarkan data secara baik, namun belum memiliki fitur canggih di dalamnya.

Beberapa fitur yang dimiliki oleh Intel Ethernet Adapter I350

  1. Halogen-free-dual-or quad-port gigabit ethernet adapters dengan tembaga ataupun fiber optik.
  2. Fitur power management Energy Efficient Ethernet (EEE) dan DMA Coalescing untuk meningkatkan eficiency dan mengurangi konsumsi power
  3. Fleksibilitas I/O viritualisasi untuk port partitioning dan quality of service hinga 32 virtual ports
  4. Kemampuan skalabilitas pefrorma iSCSI menyediakan solusi murah untuk konektivitas SAN
  5. Performa tinggi yang mendukung kecepatan PCI Express Gen 2.1  5GT/s
  6. Reliabel dan teknologi yang telah terbukti  dari Intel Corporation

Flexible I/O Virtualization

Salah satu fitur yang tidak dimiliki oleh seri Intel yang lama seperti Intel PRO PT1000 adalah tidak adanya Intel VT-c atau Intel Virtualization Technology for connectivity untuk mengirimkan I/O virtualisasi dan memberikan Quality of service dari data yang dikirimkan ke dalam controller adapter. Beberapa fitur yang akan menjadikan server virtualisasi anda semakin baik 

  1. Flexible Port Partitioning
    Teknologi pemanfaatan utilisasi dengan standart industri PCI SIG SR-IOV untuk meng-efisiensikan pembagian perangkat ethernet fisik ke dalam multiple virtual device, dan memberikan Quality of Service dengan menjamin setiap proses ditempatkan kepada fungsi virtualnya yaitu pembagian bandwidth yang merata.

  2. Virtual Machine Device Queue (VMDq)
    Teknologi yang dirancang untuk mengatur pemanfaatan secara efisien perubahan penggunaan network pada sisi virtual machine. VMDq secara drastis mampu mengurangi kelebihan beban yang berhubungan dengan switching I/O dalam VMM ( virtual machine monitor ) sehingga mampu meningkatkan performa secara lebih baik juga pada seluruh performa sistem.

  3. Single-Root I/O Virtualization ( SR-IOV) 
    teknologi yang melibatkan secara langsung sharing single resource I/O antar multiple virtual machine. SR-IOV menyediakan sebuah mekanisme yang mana sebuah fungsi single root ( contoh : single ethernet port ) dapat muncul menjadi banyak physical device yang terpisah.

    

Penulis : Riskianto Agung Prayogi | Juli 2015
Sumber :
http://www.techopedia.com/definition/26783/ethernet-adapter
http://www.intel.com/content/www/us/en/network-adapters/gigabit-network-adapters/ethernet-server-adapters.html
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar